About This Blog

Selamat datang di Blog ini. Perkenalkan nama saya Djoko Sasongko, saya seorang praktisi dalam bidang manufacture ( my Manufacture Blog ) dan juga seseorang yang suka dan berjiwa seni ( my Art Blog ). Kebetulan juga lagi cari-cari peluang atau penghasilan lewat internet (sudah lama kenal yang namanya internet tapi baru belajar jadi Internet Marketer gitu). Blog ini saya buat untuk berbagi "uneg-uneg", berbagi ilmu, berbagi pengalaman, berbagi cerita penderitaan, kepahitan dan kegagalan atau berbagi kesuksesan dalam "bisnis online (internet business)". Saran dan kritik membangun akan saya terima dengan senang hati untuk kesempurnaan Blog ini. Semoga Blog ini bisa membawa manfaat untuk semuanya. Terima kasih. Thank You. Matur Nuwun.









Saturday 13 December 2008

Membuat Website Dengan Microsoft Frontpage.

Membuat Website Dengan Microsoft Frontpage.
Bagian Utama Dari Microsoft Frontpage terdiri dari:
1. Menu Utama
Ini meupakan menu Drop Down, terdiri dari File, Edit, View dan seterusnya.
2. Judul
Berada pada posisi atas jendela Frontpage, ini untuk identifikasi file anda dan tentunya letak anda menyimpan file tersebut.
3. Toolbar
Merupakan kumpulan tool yang sering digunakan di Frontpage. Berada pada posisi dibawah menu utama Frontpage.
4. Status Bar
Untuk menampilkan informasi yang bersifat umum kepada anda.
5. View Bar
Untuk berpindah tampilan yang anda inginkan, yaitu tampilan Folder, Remote Website, Reports, Navigation, Hyperlink dan yang terakhir Tasks.
6. Area kerja
Ini adalah area utama anda di Front page, karena anda akan melakukan pengolahan halaman Website disini.

Cara Pembuatan Halaman Web Sederhana sebagai berikut, untuk selanjutnya bisa anda kembangkan lagi dengan lebih kreatif.
1. Klik menu New, kemudian klik Blank Page.
Halaman yang anda buat pertama kali ini akan secara otomatis disimpan sebagai halaman utama nantinya (Homepage). Untuk nama halamannya bisa anda ubah atau anda buat sendiri.
2. Untuk halaman-halaman yang lain bisa anda buat seperti yang sebelumnya.
3. Setelah halaman utama tadi anda save/simpan, kemudian coba untuk dibuka kembali. Dengan klik dua kali atau klik open. Kemudian klik pada Design View.
4. Halaman kosong yang ada tersebut sekarang bisa anda isi dengan tulisan anda. Misal tulis “Ini latihan membuat Website “. Kemudian tulis lagi “Silakan anda untuk Klik disini”.
5. Coba ulangi hal diatas dengan halaman-halaman yang lain.
6. Jangan lupa setelah anda mengisi halama-halaman tersebut kemudian simpan/save.
7. Untuk membuat duplikat halaman dengan cepat anda bisa lakukan dengan cara halaman yang sudah ada klik save as kemudian simpan dengan nama file lain.


Cara Mengaktifkan/Membuat Hyperlink.
1. Coba anda buka kembali file yang telah anda buat tadi (Halaman utama). Kemudian drag kata “Klik” atau dengan cara klik dua kali pada kata “Klik” tadi. Terlihat oleh anda kata “Klik” akan diblok oleh warna hitam.
2. Selanjutnya klik kanan pada mouse anda. Pada halaman utama tersebut akan muncul menu Drop Down. Kemudian klik pada menu Hyperlink.
3. Kemudian akan muncul window/jendela Insert Hyperlink kemudian pilih halaman yang lain, misalnya halaman 2 atau halaman 3. Kemudian klik Ok.
4. Bisa anda lihat, tulisan “Klik” yang anda pilih tadi akan berubah warnanya menjadi biru dan mempunyai Underline/garis bawah pada tulisan tersebut.
5. Jika mouse anda tujukan ditulisan itu maka pointer mouse akan berubah dari gambar anak panah menjadi gambar tangan. Itu artinya tulisan itu akan menjadi sebuah link dengan yang lain/halaman lain.
6. Untuk mencoba Link tersebut, klik pada F12 utnuk melihat halaman Web yang telah anda buat sebelumnya .
7. Ambil contoh disini kita pakai Internet Explorer. Coba anda coba dengan klik pada tulisan ”Klik”. Bisa anda lihat setelah anda klik maka halaman akan berpindah dari halamn utama ke halaman yang anda link-kan tersebut.
8. Untuk selanjutnya anda bisa coba sendiri dengan pengembangan-pengembangan dan ide anda sendiri dengan cara-cara sederhana diatas.

Cara Memodifikasi Untuk memasukkan Image pada halaman-halaman yang telah anda buat tadi:
1. Kita ambil contoh disini anda masukkan Image dari Clipart yang sudah ada pada Microsoft Office.
2. Caranya sederhana sekali. Letakkan pointer mouse pada halaman yang telah anda buat sebelumnya. Kemudian klik Insert, kemudian klik picture selanjutnya Clipart.
3. Bila muncul jendela Clipart . Pada bagian jendela sebelah kanan pilih kata kunci Clipart yang akan dicari atau pilih langsung gambar-gambar/Clipart yang ada disitu.
4. Klik kiri kemudian Drag gambar tersebut menuju halaman yang akan anda masuki Clipart tersebut lalu Drop.
5. Jangan lupa sebelum dilihat di browser simpan/save terlebih dahulu.
6. Sederhana bukan. Untuk pembuatan link pada gambar/Clipart tersebut caranya sama dengan yang telah saya jelaskan sebelumnya.
7. Bila anda ingin memasukkan gambar dari file yang lain juga gunakan cara yang sama.Pada tombol Insert klik Picture dan klik lagi pada:
• From File
• From Scanner or Camera
• New Photo Gallery
• Dst.
Nah sederhana bukan. Bila anda brilliant, dengan cara diatas saja anda sudah bisa membuat website yang bagus.Tentu saja dengan navigasi yang telah anda buat pada konsep atau sketch sebelumnya. Sketch atau konsep tersebut akan memudahkan anda untuk membuat proyek website anda, apalagi ada teman anda yang anda tugasi atau membantu pembuatan website tersebut. Tinggal membagi berdasarkan konsep yang telah anda buat tadi.
Yang terpenting adalah anda pahami dasar cara-cara pembuatan Website secara sederhana diatas, bagian-bagian terpenting dari sebuah Website Bisnis yang akan anda buat dan pahami tiap detail halaman yang anda buat tersebut.
Terakhir .. Selamat mencoba !

0 comments:

Post a Comment

Isi dan data-data dalam my Blog ini adalah hak cipta pemilik my Online Business Blog

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Dilarang keras mengcopy, menyalin atau mengutip semua atau sebagian isi dari my Blog ini atau my Online Business Blog ini tanpa mencantumkan sumbernya atau tanpa seijin pemilik, Djoko Sasongko, ST. MMT. Pelanggaran terhadap hal tersebut akan diproses sesuai Undang-undang/Hukum yang berlaku.

Copyright © Djsasongko.blogspot.COM 2008 All Rights Reserved