About This Blog

Selamat datang di Blog ini. Perkenalkan nama saya Djoko Sasongko, saya seorang praktisi dalam bidang manufacture ( my Manufacture Blog ) dan juga seseorang yang suka dan berjiwa seni ( my Art Blog ). Kebetulan juga lagi cari-cari peluang atau penghasilan lewat internet (sudah lama kenal yang namanya internet tapi baru belajar jadi Internet Marketer gitu). Blog ini saya buat untuk berbagi "uneg-uneg", berbagi ilmu, berbagi pengalaman, berbagi cerita penderitaan, kepahitan dan kegagalan atau berbagi kesuksesan dalam "bisnis online (internet business)". Saran dan kritik membangun akan saya terima dengan senang hati untuk kesempurnaan Blog ini. Semoga Blog ini bisa membawa manfaat untuk semuanya. Terima kasih. Thank You. Matur Nuwun.









Saturday 13 December 2008

Elemen Form pada Dreamweaver

Elemen Form
Form berfungsi untuk tempat pemasukan/peng-inputan data, pemrosesan dan penyimpanan data.

Elemen form terdiri dari:
1. Form
Untuk menampung elemen yang akan dimasukkan kedalam jendela dokumen.
2. Text Field
Untuk memasukkan karakter.
3. Text Area
Untuk memasukkan karakter yang lebih banyak.
4. Check Box
Untuk membuat beberapa pilihan.
5. Radio Button
Untuk memilih satu pilihan.
6. List/Menu
Daftar pilihan berupa list untuk memilih satu pilihan.
7. Jump Menu
Sama seperti diatas tetapi mengandung link.
8. Button
Obyek yang berupa tombol untuk menjalankan proses dengan fungsi yang berbeda yaitu:
Submit untuk pemrosesan data dan Reset untuk menghapus data.

Caranya ?
1. Buat file HTML baru atau modifikasi file-file yang telah anda buat sebelumnya tadi.
2. Masukkan tabel (Insert Table). Buat dua kolom dan tiga baris. Caranya seperti pembuatan tabel yang telah dijelaskan sebelumnya.
3. Bila anda telah selesai melakukan pembuatan tabel coba anda ketikkan kata-kata berikut: pada kolom pertama, berurut ke baris berikutnya kebawah: Nama, Status, Hobi.
4. Arahkan pointer pada kolom kedua baris pertama, kemudian tuju Insert Bar dan klik pada Form (Drop Down) klik Text Field (gambar kotak dengan tulisan I). Tampak oleh anda area Text Field pada kolom yang telah anda pilih tadi telah muncul. Bila kotak dialog Input Tag Accessibility Attributes muncul klik Ok.
5. Beralih ke baris berikutnya. Kembali ke Insert Bar, pilih Form dan klik Radio Button (gambar kotak dengan gambar bulat ditengah). Bila kotak dialog Input Tag Accessibility Attributes muncul ketik pada Label “kawin”, Style Wrap With Label Tag kemudian klik Ok. Selanjutnya ulangi dan ketikkan belum kawin, kemudian klik Ok.
6. Selanjutnya buat pada baris berikutnya. Ke Insert Bar kembali dan pilih Form. Klik pada Check Box (kotak dengan gambar Check). Tulis “sepak bola”, buat lagi dengan item yang lain.
7. Jangan lupa untuk menyimpan file yang telah anda modifikasi tersebut. Gampang bukan ?

0 comments:

Post a Comment

Isi dan data-data dalam my Blog ini adalah hak cipta pemilik my Online Business Blog

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Dilarang keras mengcopy, menyalin atau mengutip semua atau sebagian isi dari my Blog ini atau my Online Business Blog ini tanpa mencantumkan sumbernya atau tanpa seijin pemilik, Djoko Sasongko, ST. MMT. Pelanggaran terhadap hal tersebut akan diproses sesuai Undang-undang/Hukum yang berlaku.

Copyright © Djsasongko.blogspot.COM 2008 All Rights Reserved